Baca ‘How Democracies Die’, Cara Cerdas Anies Dalam Menyindir

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id – Jagat media sosial riuh usai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto dirinya tengah membaca buku karangan Steven Levitsky dan Daniel Ziblatt, How Democracies Die.

Direktur Eksekutif Political and Public Policy Jerry Masie berpendapat, apa yang dilakukan oleh Anies Baswedan ini merupakan sindiran halus yang langsung menyerang psikologis. Menurutnya, unggahan itu adalah kritikan Anies yang sangat dalam.

“Sindiran tanpa menyebut nama bahkan instansi adalah sesuatu yang smart and wise,” kata Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (24/11).

Jerry mengatakan, unggahan Anies ini bagi orang yang cerdas dipastikan bisa menangkap maksud dan tujuan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengunggah buku tersebut.

“Dalam bahasanya menyiratkan arti yang mendalam, tolong dibaca dan pelajari buku demokrasi ini. Sindiran ini harus cepat direspon oleh pemerintahan Jokowi. Kalau masukan yang konstruktif bisa diterima. Anies hanya mengingatkan. Semua ada sebab dan akibat. Di negeri ini Kadang negatif dibikin positif, positif dibikin negatif,” demikian Jerry. (rmol)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *