POSPERTKI: Usut Oknum P3MI Penempatan PMI Un-Prosudural

  • Whatsapp
Spread the love

Saudi, Sobatjuang.id – Beberapa bulan terakhir, ratusan dan bahkan ribuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) korban penempatan Un-prosudural ke Saudi Arabia kembali ke Indonesia.

Mayoritas para PMI korban un-prosudural tersebut dipekerjakan tidak sesuai job order. Mereka diantaranya dijanjikan dipekerjakan di tempat kecantikan atau salon, tetapi setibanya di Saudi Arabia dipekerjakan sebagai pekerja rumah tangga.

Melihat hal tersebut, Sharief Rahmat, Pembinan organisasi relawan POSPERTKI (Posko Perjuangan TKI) di Saudi Arabia, meminta pemerintah (BP2MI & Kemenaker) serta aparat Polri bersikap tegas dan mengusut kasus oknum P3MI yang telah mengorbankan PMI secara un-prosudural.

“Salah satu oknum P3MI yang marak melakukan penempatan PMI secara un-prosudural adalah PT. Yanbu Albahar. Oleh karena itu, Pemerintah dan Aparat bisa menghimpun informasi serta bukti melalui PMI korban un-prosudural yang sudah kembali ke Indonesia. Selain menghimpun keterangan dari para PMI, Job Order dan SIP dari PT. Yanbu Albahar bisa dijadikan rujukan untuk pemerintah dan aparat bertindak tegas, bukan sekedar memberi ancaman atau tegoran,” jelas Sharief.

Disisi lain, Sharief pun berharap KBRI Riyadh tidak hanya berhenti minta tiket dan memulangkan PMI korban penempatan un-prosudural. Tetapi disertai memberikan data para PMI korban un-prosudural ke pemerintah pusat termasuk aparat Polri agar bisa didorong pengusutannya melalui Kabareskrim Polri.

Selama tidak ada tindakan tegas seperti halnya pencabutan SIUP oknum P3MI penempatan un-prosudural. Akan terus berhamburan korban penempatan un-prosudural. (red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *