Akibat Pendemi, Taiwan Rencanakan Pelonggaran Masa Tinggal Pekerja Migran

  • Whatsapp
Spread the love

Taipei,  Sobatnews.id – Adanya pandemi Covid-19 telah menyulitkan banyak orang untuk melintasi perbatasan atau melakukan penerbangan, salah satunya adalah kesulitan dalam pengiriman pekerja migran.

Terlebih karena epidemi di Indonesia yang masih belum juga mereda, pengiriman PMI telah ditangguhkan selama dua minggu dari tanggal 4 Desember lalu, dan penangguhan akan diperpanjang lagi belum tahu kapan dibuka kembali.

Sebagaimana dilansir United Daily News (16/12), Menteri Perekonomian Taiwan Wang Mei-hua hari ini mengungkapkan bahwa mereka saat ini sedang berkoordinasi untuk berencana melonggarkan batas waktu masa tinggal pekerja migran di Taiwan.

Dikarenakan regulasi masa kerja atau masa tinggal bagi pekerja migran saat ini di Taiwan paling lama 12 tahun.

Dengan adanya permasalahan di atas, untuk mengatasinya apakah nanti akan menggunakan cara dengan menghapus masa tinggal bagi pekerja migran.

Wang Mei-hua mengatakan, saat ini masih berlangsung pembahasan dalam pertemuan antar kementerian, dan belum ada keputusan akhir.

Masalah epidemi telah menyulitkan pekerja migran, dan dampak yang ditimbulkan dari penghentian pengiriman PMI juga menyebabkan pihak industri dan perawat pasien mengalami kesulitan.

Yang dilakukan saat ini adalah berkoordinasi untuk bisa mempertahankan pekerja migran yang masih berada di Taiwan.

Meskipun diskusi antar kementerian sekarang ini belum ada keputusan akhir, tapi pihak pengusaha industri sementara ini juga masih membahas masalah ini. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *