Warga Jatinegara Lio Menunggu Kepastian Pendaftaran Peserta Kartu Prakerja 2021

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id –  Sejumlah warga menunggu kepastian pemerintah membuka kembali pendaftaran Kartu Prakerja. Seperti diberitakan, program pendaftaran ini akan dibukan kembali pada tanggal 7 Januari.

“Iya Bang, saya coba daftar tapi gak bisa. Belum aktif akunnya. Kita berharap pemerintah segera membuka pendaftaran,” ujar Wiwik ditemui sobatjuang.id, Kamis (7/1/2021).

Kepada media, Wiwik menginginkan untuk memperdalam program tata boga sebagai salah satu skill yang akan dia pelajari.

“Iya saya tertarik buat kue dan mau bisnis di bidang kue,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sejumlah media, pendaftaran Kartu Prekerja akan kembali dibuka pada tahun ini. Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan program di 2021 akan diawali dengan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ke-12.

Sayangnya, ia belum bisa memastikan kapan pembukaan dilaksanakan. Pasalnya PMO masih menunggu arahan langsung dari Komite Cipta Kerja.

“Jadwal pendaftaran dan mekanisme program akan diputuskan oleh Komite Cipta Kerja. Begitu sudah ada keputusan akan segera kami umumkan,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

Meski belum ada kepastian mekanisme pendaftaran tahun ini, secara umum, ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi saat hendak mendaftar program Kartu Prakerja.

Pertama, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI) dengan usia minimal 18 tahun dan sedang tidak menempuh pendidikan di tingkat sekolah maupun universitas.

Kedua, calon peserta wajib mendaftar di situs resmi wwww.prakerja.go.id melalui laptop maupun smartphone.

Ketiga, siapkan nomor Kartu Keluarga dan nomor induk kependudukan (NIK).

Keempat, mengisi data diri dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun atau tahapan verifikasi akun.

Kelima, calon peserta perlu mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara daring, guna mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *