Kepala BNPT Minta 32 FKPT Jaga Keharmonisan Bernegara di Daerah

  • Whatsapp
Spread the love

Labuan Haji, Sobatjuang.Id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar membuka Rakernas 32 FKPT ke-8, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT,) Selasa (2/3/2021). 
Rakernas bertema “Kolaborasi untuk Indonesia” itu semakin memantapkan keharmonisan kehidupan bernegara dalam bingkai NKRI. Rakernas akan membahas masalah kekinian yang berkembang di Tanah Air, hingga 5 Maret 2021 di Hotel La Prima, Labuan Bajo, NTT.
Kepala BNPT, Boy Rafli Amar, dalam sambutannya mengingatkan agar setiap provinsi melalui FKPT (Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme) bekerjasama dan bersinergi dengan segenap komponen bangsa guna menjaga keharmonisan hidup dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI. 
“Ini perlu digelorakan terus karena kita memiliki sistem nilai yang sudah diwariskan oleh pejuang kemerdekaan,” ujarnya.

Boy Rafli menjelaslan di belahan dunia lain masih terus berlangsung penyebaran paham kelompok radikal intoleran yang bila diadopsi oleh generasi bangsa bisa mengganggu stabilitas negara. 

“Hal ini dimungkinkan terjadi karena pihak luar bisa menyebarkan melalui media sosial,” paparnya. Karena itu pendidikan bagi generasi bangsa harus juga menjadikan mereka cerdas dan bijak menggunakan media sosial. Media sosial masuk tidak terbatas di perkotaan saja tapi menyasar ke desa-desa. 

“Jadi kemajuan teknologi komunikasi yang mengglobal itulah mengharuskan kita membuka forum-forum diskusi dan literasi sejuk guna menangkal paham yang menyebarkan kebencian,” terang Kepala BNPT.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakernas FKPT, Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Moch Khairil Anwar, SH, melaporkan, akibat pandemi Covid-19 jumlah peserta terpaksa dibatasi, sebanyak 192 peserta dari 32 provinsi di Indonesia, ditambah 1 orang peninjau tokoh organisasi masyarakat Papua. Dikatakan, akan dibentuk FKPT di Papua dan Papua Barat, sehingga menjadi lengkap 34 FKPT di Indonesia.
Bupati Manggarai Barat yang mewakili Gubernur NTT, Editasius Endi, menyatakan sangat gembira Rakernas FKPT ke 8 diadakan di Labuan Bajo. 

“Selain daerah ini sangat indah juga cermin kerukunan hidup Indonesia ada dalam masyarakat daerah ini. “Jadi sangat tepat Bapak dan Ibu bertugas disini, bisa menikmati wisata bahari, atraksi budaya dan jangan lupa nanti membawa keluarganya ke Labuan Bajo, kabupaten Manggarai Barat ini,” ajak Bupati bersemangat.

Pada Rakernas FKPT ke 8 ini, FKPT Riau dihadiri Ketua FKPT Riau Dinawati. RI Edasa (Sekretaris),  Harlina Nurdiyanti (Bendahara), Eka Putra (Ketua Bidang Media Massa, Hukum dan Humas),  Tohirin (Ketua Bidang Pengkajian dan Penelitian), Agus Saputera (Ketua Bidang Agama, Sosial dan Budaya). (Red).

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *