Wah! Arab Saudi Rombak Aturan Ketenagakerjaan Pekerja Migran Asing Sektor Swasta, Berlaku Hari Ini

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan kebijakan baru yang bersejarah di bidang ketenagakerjaan migran asing dan ekspatriat untuk mencapai target dan ambisi visi 2030. Reformasi kebijakan ketenagakerjaan itu, seperti dilaporkan Arab News, Minggu (14/03/2021) memberikan kebebasan lebih besar bagi jutaan pekerja migran dan ekspatriat di Arab Saudi dan mulai berlaku hari ini, Minggu, (14/03/2021).  

Salah satunya adalah reformasi sistem sponsor kafala, dimana pekerja asing sektor swasta akan memiliki mobilitas kerja yang lebih baik, dapat berganti pekerjaan, dan dapat meninggalkan Arab Saudi tanpa persetujuan pemberi kerja. 

Perombakan dramatis ini adalah bagian dari upaya Kerajaan Saudi untuk membangun pasar kerja yang menarik yang akan memungkinkan pekerja asing untuk melamar langsung kepada layanan pemerintah, dengan kontrak kerja mereka didokumentasikan secara digital.

Sebanyak 10 juta pekerja migran diharapkan mendapatkan manfaat dari perubahan di bawah Prakarsa Reformasi Tenaga Kerja (LRI) Kerajaan, yang dimaksudkan untuk mendorong “lingkungan kerja yang kompetitif dan adil”.

Inisiatif ini akan membantu pekerja asing memperoleh status kependudukan yang tidak terikat dengan pemberi kerja tertentu, dan akan memungkinkan mobilitas kerja serta visa keluar dan masuk kembali ke Arab Saudi sambil melindungi hak-hak pekerja dan pemberi kerja.

Pekerja ekspatriat menyambut paket reformasi dengan antusias, sambil mengatakan kebijakan baru tersebut menawarkan mereka pilihan dan dukungan yang lebih besar dalam pekerjaan. (Kompas.com)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *