Jelang Puasa, Majelis Dzikir Ilmu Gelar Tahrib Ramadhan

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id –  Jamaah Majlis Taklim Dzikir Ilmu menyambut kedatangan ramadhan dengan suka cita. Mereka menyambut bulan suci umat Islam ini dengan mengikuti kajian Minggu Malam dengan kajian tentang Tarhib atau persiapan diri dalam menyambut bulan Ramadhan.

Mengawali kajian puasa, Ustadz KH Andri Gunawan Lc, M.Phil pada Kamis (11/4/2021) mengatakan bahwa dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183-184, Allah SWT berfirman agar umat Islam melaksanakan puasa agar bertakwa.

Read More

Latin: Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn ayyāmam ma’dụdāt, fa mang kāna mingkum marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, wa ‘alallażīna yuṭīqụnahụ fidyatun ṭa’āmu miskīn, fa man taṭawwa’a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

“Mari kita niatkan agar puasa ini adalah puasa terakhir kita. Dan karena ini puasa terakhir mari kita persiapkan diri dengan baik agar kita bisa meraih pahaka berupa ketaqwaan,” ujar Ustad Andri.

Agar bisa meraih pahala Takwa, Ustad Andri menjelaskan perlu memperhatikan beberapa hal.

Pertama, persiapkan hati dengan niat yang benar.  Doa Puasa Menyambut Bulan Ramadhan

Latin: Allaahumma ahlilhu ‘alainaa bilyumni wal imaani was salaamati wal islaam, rabbii wa rabbukallaah.

Artinya: Ya Allah, terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Adapun Niat Puasa Ramadhan yang Benar:

Latin: Nawaitu shouma ghadin ‘an ada’I fardhi ramadhanihaadzihis sanatilillahi
ta’alaa.

Artinya: Aku berniat berpuasa besok untuk menunaikan kewajiban bulan Ramadhan di tahun ini karena Allah Ta’ala.

Kedua, persiapkan kesehatan jasmani. Puasa artinya menahan diri. Karena itu, usahakan tetap sahur meski dengan sibiji kurma agar tubuh tetap kuat dan sehat. Dan, pada saat berbuka usahakan dengan kurma agar mendapat pahala sunah serta makanlah yang sesuai dengan anjuran kesehatan yaitu 4 sehat 5 sempurna.

Ketiga, persiapkan Ilmu yaitu dengan terus mengikuti kajian-kajian online dan materi-materi tentang hikmah puasa yang banyak di Youtube.

Keempat, persiapkan harta. Persiapkan budget yang cukup selain untuk membeli makanan juga untuk membayar zakat nantinya.

Kelima, persiapkan waktu. Karena puasa ini adalah waktunya panen pahala, maka perbanyaklah ibadan sunah seperti shalat malam, membaca Al Quran, hingga bersedekah. Jangan lakukan kegiatan yang sia-sia yang tidak memiliki kebaikan baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Ustad Andri mengajak jamaah agar menyambut Ramadhan dengan gembira karena Allah memberikan banyak kelebihan-kelebihan dalam beribadah.

Sementara itu Pembina Majlis Dzikir Ilmu, H. Ramayali, SE. MM menambahkan, puasa Ramadhan tahun ini akan diisi dengan full kajian setelah kegiatan tarawih.

“Alhamdulillah, sudah ada jadwal selama 1 bulan dari pencaramah yang akan mengisi sesuai dengan keahliannya masing-masing,” ujar Ramayuli yang juga pengajar di STEI Muhammadiyah Jakarta.

Meski puasa kali ini masih di tengah pendemi Corona, Ramayuli meminta agar waraga Jatiengara tidak  memanfaatkan waktu puasa dengan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti Ngabuburit, track-trackan motor dan main petasan.

“Lebih baik datangi Majlis Dzikir Ilmu kami agar ibadah anda mendapat ridha dari Allah Swt,” pungkasnya. (Zul)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *