KH. Muhammad Nur Karim: Raih Surga dengan Perbanyak Ingat Kematian

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta Sobatjuang.id – Allah menjanjikan hadiah bagi hamba yang berpusa dengan hadiah berupa Takwa. Hadiah ini tidak mudah dan harus ditempuh dengan keseriuan niat, dengan ilmu dan dengan pengorbanan berupa harta, waktu dan tenaga.

Read More

Berbicara dalam tema “Bekal Kematian” pada Kajian ke-8 yang disampaikan oleh KH. Muhammad Nur Karim di Majilis Taklim Ilmu Dzakir di Kampung Lio, Kel. Jatinegara Lio, Jakarta, Senin (20/4/2021), Ustad mengatakan bahwa seseorang akan meninggal dunia sesuai dengan kebiasaannya yang dia lakukan sewaktu di dunia. Jika ia suka ibadah, maka ia bisa meninggal dalam keadaan beribadah. Tetapi jika suka maksiat maka ia akan meninggal dalam keadaan berbuat maksiat

Ustad Nur mengatakan, sembahlah Tuhanmu sampai datangnya kematian. Kalau sudah meninggal dunia maka akan terputus segala macan perintah dari Allah Swt kecuali 3 perkara.

Ustad Nur menegaskan, kematian tidak hanya berakhirnya kehidupan seseorang di alam dunia. Namun, juga dibukanya kehidupan baru di alam kubur, hingga tiba nanti saatnya waktu penghisaban di hari kiamat.

Selama berada di alam kubur, katanya, seorang muslim tidak akan ditemani oleh siapapun, kecuali amal baiknya. Kabar baiknya, ada 3 jenis amalan yang akan terus mengalir pahalanya meski seseorang sudah meninggal dunia. Ketiga amalan itu ialah amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, serta doa anak saleh. Hal ini sebagaimana di jelaskan hadis Nabi yang diriwayatkan Imam Muslim.

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: “Apabila manusia meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya.” (HR Muslim).

“Nah, mumpung kita berada di bulan puasa, maka terus ajaklah anak-anak ke majlis taklim, perbanyaklah sedakah dan teruslah menuntut ilmu untuk diamalkan baik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Karena ketiga amalan ini akan terus mengalir ke dalam kubur meski kita sudah meninggal dunia,” gugahnya.

 Untuk lebih detailnya, silahkan tonton video ini ya sobatjuang. And please, jangan lupa subscribe, like, comment and pencet tanda Bel agar sobatjuang terus dapat kajian ter-update dari redaksi. (Zul)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *