5 Hikmah Puasa yang Perlu Anda Ketahui

  • Whatsapp
Ust Agus Gunawan, MA
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id –  Kewajiban Puasa yang diperintahkan oleh kepada orang beriman tentu di dalamnya ada hikmah yang akan diraih.

Melalui puasa di bulan Ramadhan, Allah ingin menjadikan manusia sebagai hamba yang lebih bertaqwa, berperilaku baik, hingga akhirnya memiliki manfaat, baik bagi dirinya maupun sesama. Artinya puasa sebenarnya bukan hanya memiliki nilai kewajiban yang harus ditunaikan, ada kebaikan besar dibaliknya.

Berbicara dalam tema “Puasa Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan” di Majlis Taklim Ilmu Dzakir di Kampung Lio, Kel. Jatinegara Lio, Jakarta, Rabu (21/4/2021), Ustad H. Agus Gunawan, MA mengatakan bahwa sedikitnya ada 5 hikmah jika kita menjalan ibadah puasa.

Hikmah pertama, yaitu kita dilatih agar Pandai Mengendalikan Diri. Puasa secara langsung melatih diri dan jiwa dari serangan hawa nafsu. Dengan berpuasa karena Allah SWT, seseorang diharapkan dapat menguasai dan mengontrol perbuatan-perbuatan yang dilarang.

Hikmah kedua, puasa membentengi kita dari kemungkinan berbuat hal-hal yang dilarang oleh agama.

Hikmah ketiga, menghapus dosa dan kesalahan.  Mengutip  Hadits Riwayat Imam al Bukhari, Ustad Agus mengatakan bahwa “Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Hikmah keempat, meningkatkan keimanan kita agar menjadi insan bertaqwa. Keimanan seseorang pada hakikatnya dapat bertambah dan berkurang. Bertambah karena berbagai ketaatan yang dilakukan, berkurang karena maksiat dan dosa. Berpuasa membantu kita untuk menahan diri dari berbagai kemaksiatan yang dapat mengurangi pahala puasa, seperti bergunjing, ber-khalwat (berdua-duaan), berbohong, mencuri, dan lain sebagainya.

“Dengan berpuasa akan menjadi Syafaat kelak di akhera. Puasa akan menolong orang yang berpuasa di akherat nanti,” ujar Ustad Agus.

Hikmah kelima, puasa akan menuntut orang yang berpuasa masuk ke pintu surga yang bernama pintu Rayyan.

Untuk lebih detailnya, silahkan tonton video ini ya sobatjuang. And please, jangan lupa subscribe, like, comment and pencet tanda Bel agar sobatjuang terus dapat kajian ter-update dari redaksi. (Zul)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *