Impas Gelar Halal Bihalal & Diskusi Virtual

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id – Pengurus Ikatan Mahasiswa Pasca Sarjana (IMPAS) Aceh-Jakarta akan melaksanakan halal  bi halal secara virtual dan diskusi publik dengan tema “Tantangan Membangun Kesejahteraan di Aceh”. Menghadirkan Keynote Speaker Bapak Dr. Ir. H. Indra Iskandar, M.Si (Sekretaris Jenderal DPR RI), Bintang Tamu Bapak Erros Djarot (Sutradara Film Tjoet Nja’ Dhien).

Acara akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Aceh Bapak Ir. H. Nova Iriansyah, MT pada 13 Juni 2021 jam 19.00  – 22.00 WIB. “Peserta yang akan hadir nantinya dari jaringan mahasiswa Aceh di dalam dan luar negeri juga masyarakat Aceh,” ujar Munawir, Koordinator acara.

Acara tersebut dalam rangka memperkuat solidaritas, kohesi sosial kebersamaan setelah menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan kemudian dilaksankan hari raya Idul Fitri suatu tradisi dalam masyarakat Aceh khususnya untuk melaksanakan halal bi halal saling memaafkan.

Dalam tradisi masyarakat Aceh khususnya di perantauan halal bi halal menjadi ajang silaturrahmi dan saling menyapa, saling kenal-mengenal berinteraksi satu dengan yang lain sehingga terbangun tali silaturrahmi yang bertujuan meningkatkan kepedulian sesama dan untuk daerah Aceh.

Aceh kontemporer termasuk wilayah yang tertinggal karena terjadinya konfik dan bencana alam oleh karenanya perlu dukungan yang lebih besar untuk membangun kembali Aceh termasuk dukungan Pemerintah Pusat menjadikan Aceh sebagai daerah otonomi khusus (UU Nomor 11 tahun 2006 Tentang pemerintah Aceh).

IMPAS melihat ini suatu yang sangat urgen untuk menjadi perhatian bersama baik masyarakat perantau di luar Aceh, Mahasiswa, masyarakat yang tinggal di Aceh, civil society, pemerintah daerah (eksekutif-legislatif) maupun para pihak pemangku kepentingan lainnya baik dalam dukungan kepemimpinan di Aceh maupun dalam mendorong agar terwujudnya perencanana, penganggaran, pembangunan kesejahteran bagi masyarakat Aceh.

“Harapan kita acara ini selain silaturrahmi juga akan memberikan gagasana, pemikiran dan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Gubernur Aceh, Pemerintah Aceh, Forkopimda dan Pemangku kepentingan agar masyarakat Aceh sejahtera,” tambah Munawir.

Selain menghadirkan pembicara kunci Kenote Speaker Bapak Dr. Ir. H. Indra Iskandar, M.Si (Sekretaris Jenderal DPR RI), dan Bintang Tamu Bapak Erros Djarot  (Sutradara Film Tjoet Nja’ Dhien) IMPAS juga mengundang para Narasumber yang kompeten dalam bidangnya masing – masing antara lain: Prof. Drs. Amirul Hadi, MA, Ph.D (Guru Besar UIN Jakarta); Dr. Ir. Azwar Abubakar, M.Si (MENPAN-RB 2011-2014); Dr. Ir. H. Tarmizi A Karim, M.Sc (Advisor di World Bank, Irjen Kemendagri 2015, PJ Gubernur Aceh 2012) Dr. dr. Mahlil Ruby, M. Kes. (Direktur BPJS Kesehatan); Ir. H. Saiful Bahri (Ketua TIM Pasar Minggu); Illiza Sa’aduddin DJamal, SE (Anggota DPR RI Asal Aceh); Almunizal Kamal, S.STP, M.Si (Badan Penghubung Aceh); Tgk. Muhammad Yusuf A Wahab (Ulama Aceh); Andri Munazar (Ketua FOMAD).

Kemudian dilanjutkan testimoni Mahasiswa sedunia: 1. IMPAS Aceh – Jakarta; 2. Ikamapa Bogor; 3. Himpasay Yogyakarta; 4. Forkamapa Malang; 5. Perwakilan Mahasiswa Azerbaijan; 6. Perwakilan Mahasiswa Libanon; 7. Perwakilan Mahasiswa Thailand; 8. Perwakilan Mahasiswa USA dan Perwakilan Mahasiswa dari Iran.

Ditempat terpisah Ketua Umum IMPAS Yunidar Z.A ketika dimintakan komentarnya terkiat tujuan acara menyatakan bahwa “Kegiatan ini sebagai ajang Silaturrahmi dan halal bi halal dalam rangka memperkuat kohesi sosial antara tokoh masyarakat aceh, mahasiswa dan masyarakat perantauan.” Lebih lanjut ungkapnya diskusi publik memperkokoh kebersamaan dalam memberi kontribusi bagi kesejahteraan Aceh sehingga dapat Bangkit melawan kemiskinan melawan pandemi Covid – 19 sehat jiwa dan raga meningkatkan imunitas.

“Pertemuan ini memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam NKRI juga kan menyampaikan rakomendasi hasil diskusi public nantinya kepada Pemerintah Aceh dan Pemangku Kepentingan”. (Yun)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *