Pesan HUT BNPT, FKPT Jakarta Serukan Peningkatan Kewaspadaan Dini Masyarakat

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id –  Sebagai ibukota pemerintahan, Jakarta memang menjadi incaran bagi penyebarluasan baik gagasan maupun aksi radikalisme dan terorisme. Karena itu perlu pelibatan semua elemen masyarakat untuk membantu pemerintah dalam mengantisipasi munculnya aksi teror melalui upaya peningkatan kewaspadan dini masyarakat.

Seruan itu disampaikan Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jakarta, Drs. Taufan Bakri, M.Si di Jakarta menyambut Hari Jadi Badan Nasional Penanggulan Terorisme (BNPT) yang ke XI di Jakarta, Selasa (13/7/2021).

Read More

Menurut Ketua  FKPT Jakarta, Taufan, bahwa masifnya penyebaran idelogi yang bermuatan paham radikalisme pada generasi muda di Jakarta ini berpotensi menjadi ancaman serius yang perlu diantisipasi. Dengan jumlah 170.000 anak-anak SMU belum lagi yang dari kalangan madrasah bisa menjadi sasaran empuk bagi perekrutan agen-agen teroris melalui dunia maya. Hal ini bisa dimengerti, karena mayoritas pengguna internet di tanah air saat ini didominasi dari kalangan milineal.  

“Dengan jumlah potensi 170 ribu siswa itu akan menjadi sasaran para predator teroris jika nilai-nilai Pancasila tidak ada pada mereka,” ujar Taufan.

Karena itu, kata Taufan juga juga Ketua FKPT Jakarta akan terus mengkampanyekan Gerakan Membangun Kesadaran Ideologi Pancasila (the develpoment of ideology) di kalangan generasi muda. 

“Saya akan terus mengajak mitra pemerintah dan seluruh komponen masyarakat seperti Forum RT/ RW, FKDM, FKUB, FKPT, Forum Alinasi Ormas hingga mengajak komponen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat untuk terus waspada, agar terus membangun kesadaran Ideologi Pancasila melalui aksi-aski konkrit mulai dari diskusi dan peningkatan gotong royong dalam menjaga lingkungan atau Siskamling,” imbuhnya.

Selain mencegah penyebarluasan paham di kalangan generasi Milineal, Taufan juga mengingatkan kembali terhadap peristiwa pemboman Sarinah, teror Bom di Hotel JW Marriot, Kedutaan Australia, Kedutaan Filipina, dan Bom Buku  hendaknya menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak bahwa teroris masih menargetkan Jakarta sebagai center bagi penyebarluasan aksi teror.

“Kita harus terus meningkatkan kewaspadaan dini dengan menjajak seluruh elemen masyarakat baik yang menjadi mitra pemerintah maupun komponen masyarakat lainnya  untuk terus waspada,” ujar Taufan Bakri yang juga Kepala Kesbangpol DKI Jakarta. 

Ketua FKPT DKI Jakarta ini menambahkan bahwa upaya pencegahan terorisme adalah upaya untuk melakukan kontra paham terorisme.

“Seyogyanya dilakukan secara bersama–sama dengan seluruh elemen masyarakat. Keamanan Jakarta merupakan tanggungjawab kita bersama,” ujarnya. 

Dia mengatakan,  peran serta masyarakat dalam melakukan kontra propaganda terorisme dan bersama–sama tokoh masyarakat baik lintas agama, lintas ormas, lintas OKP dan unsur masyarakat lainnya untuk menjalin kesepahaman dalam mencegah aksi teror, dengan menghentikan paham terorisme.
 
“FKPT DKI Jakarta, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga Jakarta, agar tercipta Jakarta damai tanpa aksi teror. Jaga Jakarta agar Jakarta selalu damai merupakan impian seluruh masyarakat Jakarta,” pungkasnya.
 

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *