Rizal Ramli: Kualitas Pemimpin Sangat Menentukan Kita Keluar Dari Krisis

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id –

Kualitas seorang pemimpin benar-benar diuji pada saat krisis seperti kini Indonesia masih bergulat dengan pandemi virus corona baru (Covid-19) yang tak kunjung usai.

Karena itu, hanya pemimpin yang hebat dan fokuslah yang mampu melewati krisis.

Begitu disampaikan Tokoh Nasional Dr Rizal Ramli saat mengisi webinar yang diselenggarakan oleh BEM FEB Uhamka bertajuk “Pemanfaatan Diri Milenial Sebagai Bentuk Tanggungjawab Dalam Pemulihan Ekonomi Di Masa Pandemi” Senin (12/7).

“Kualitas kepemimpinan sangat menentukan kita keluar dari krisis,” kata RR, sapaan karib Rizal Ramli.

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur ini mencontohkan, Presiden baru Amerika Serikat Joe Biden saat mengatasi pandemi Covid-19 ketimbang pada era Donald Trump yang dinilai tidak mampu menangani krisis tersebut.

“Misalnya, di era Trump kasus Covid-19 sampe 50 juta dan terus berlarut-larut banyak korban yang meninggal juga. Waktu ganti Presiden Baiden jelas dan terarah nanganinnya. Dilantik bulan Januari, bulan Juni selesai Covid-19 dan sekarang Covid-19 di AS sudah tidak masalah,” tuturnya.

Atas dasar itu, jika Indonesia tetap begini-begini saja dalam menangani krisis akibat pandemi Covid-19 ini maka kepemimpinan Presiden Jokowi jangan harap bisa keluar dari krisis karena tidak fokus dan terarah.

“Jadi kalau ngandelin Jokowi jangan harap selesai, kalo dia diganti kita beresin ekonominya. Kalau tahun ini gak bisa Haji tahun depan bisa gak naik haji? Kalo Jokowi presiden ya gak bisa. Kalo diganti (Presidennya) ya tahun depan kita bisa Haji,” tandasnya.

Sejak virus corona baru (Covid-19) masuk ke Indonesia pada 2 Maret 2020, lonjakan kasus sampai saat ini terus meningkat. Belum ada tren penurunan sama sekali.

Paket kebijakan yang dikeluarkan pemerintahan Joko Widodo dipandang hanyak berubah istilah saja, mulai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) mikro.

Terbaru sejak 3 Juli 2021 pemerintah menerapkan PPKM darurat khusus daerah di Jawa dan Bali. [RMOL]

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *