FKUB Gelar Doa Bersama Warga Jakarta Timur untuk Keselamatan Bangsa

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id – Dalam rangka upaya menanggulangi penyebaran dan kenaikan kasus Covid-19 yang terus melonjak belakangan ini, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Administrasi Jakarta Timur bersama 6 (enam) Majelis Agama dan Pemerintah Kota Jakarta Timur menggelar Doa Bersama secara daring atau zoom meeting pada hari Jum’at, 30 Juli 2021 jam 16.00 – 17.00 WIB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong semangat para pejuang medis dalam penanggulangan dan penanganan Covid-19dapat berjalan dengan baik, agar wabah covid-19 cepat berakhir, keselamatan bangsa terwujud dan kehidupan normal kembali, mendoakan saudara kita yang sedang dalam perawatan medis segera cepat sembuh, mendoakan saudara kita yang telah mendahului kita dan mendoakan sa udara kita yang sedang dalam perawatan atau dalam penyembuhan serta sekaligus juga mendoakan keselamatan bangsa dari Pandemi Covid-19. Harapan doa-doa yang disampaikan secara khyusuk oleh para tokoh agama dan peserta dikabulkan oleh Tuhan,” ujar Anggota FKUB Jakarta Timur, Hasbiallah Ilan dalam kiriman rilis yang diterima redaksi, Jakarta, Jumat (30/7/2021)

Read More

Menurut Hasbiallah, Doa Bersama ini melibatkan sekitar 700 orang peserta undangan dari berbagai unsur agama dan warga Jakarta Timur, diantaranya dari Pejabat Pemkot Jaktim, Kankemenag Jaktim, Suban Kesbangpol dan Ormas naungannya seperti KNPI, Forum Ormas Bersatu, FPK, FKDM, LMK, Dewan Kota, Pengurus RT & RW. Selain itu t, surut juga unsur dari Polres Metro Jaktim, Kodim 0505 Jaktim, MUI, DMI, PC NU, PD Muhammadiyah, FUHAB, FK Ulum, LPPTKA BKPRMI, LDII, Umat Katolik Dekenat Jaktim, Umat Kristen PGIW Jaktim, PHDI Wilayah Jaktim, Walubi, Matakin dan Anggota FKUB Jakarta Timur.

Kegiatan Doa Bersama ini dibuka setelah sambutan oleh Walikota Jakarta Timur M. Anwar, S.Si, MAP, sebelumnya diawali sambutan dari Ketua FKUB Kota Jakarta Timur,  KH. Ma’arif Fuadi MA,  dan Ka Kankemenag Kota Jakarta Timur, H. Zulkarnain, S.Ag, M.Hum.

Pelaksanaan Doa Bersama ini menghadirkan 6 (enam) Pimpinan atau Pemuka tokoh agama utusan majelis-majelis agama wilayah Kota Jakarta Timur sebagai Pembaca Doa. Diantaranya adalah yaitu:

1. KH. DR. Didi Supandi, MA adalah Ketua MUI Kota Jakarta Timur

2. Pastur Aloysius Susilo Wijoyo, Pr adalah Ketua Dekenat Kota Jakarta Timur

3. Pdt. Hosea Sudarna, S.Th. adalahKetua PGIW Kota Jakarta Timur

4. Pinandita Drs. I Nyoman Sutisna, M.Fil.H sebagai Ketua Bid.Keagamaan dari PHDI Kota Jaktim

5.Pandita Madya Ernawati sebagai Majelis Agama Budha Tridharma Indonesiadari WALUBI Kota Jakarta Timur

6. Js. Tatang Haerudin Rohaniwan Konghucudari MATAKIN Kota Jakarta Timur

Ilan menambahkan, setiap agama dan penganutnya meyakini bahwa Doa bisa mengubah takdir Tuhan dari takdir buruk menjadi baik. Seperti diketahui bahwa wabah covid-19 sudah banyak menelan korban jiwa. Bahkan bukan hanya nyawa manusia, wabah ini juga ikut memporak-porandakan tatanan kehidupan manusia dan perekonomian serta pembangunan di Indonesia dan di dunia. Maka melalui doa bersama ini diharapkan banyak umat yang terselamatkan dan terkabulnya permohonan doa-doa yang disampaikan oleh perwakilan masing-masing tokoh agama dari majelis agama yaitu (1) Islam (Doa mohon kesembuhan dan kedamaian bagi yg sudah tiada/meninggal), (2) Katolik (Doa mohon penyertaan perjuangan para Tenaga medis/Nakes dan relawan), (3) Kristen (Doa untuk Pemerintah dan aparat : TNI-Polri, pimpinan daerah, dll), (4) Hindu (Doa penyertaan dan penguatan atas Dampak Covid-19 (Poleksobud), (5) Budha (Doa tentang Vaksinasi dan obat2an, kerjasama dalam dan luar negeri dalam mengatasi pandemi covid-19) dan (6) Konghucu (Doa untuk Persatuan dan kesatuan Bangsa, kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan bangsa).

Akhirnya bahwa FKUB Kota Administrasi Jakarta Timur memandang sangat perlu bahwa Doa Bersama ini dilaksanakan untuk keselamatan bangsa merupakan satu pilihan ikhtiar bersama terbaik agar kita semua terhindar dari wabah covid-19 dan varian barunya yang sudah banyak menelan korban umat manusia. (Zul)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *