Atasi Kesulitan Warga, Yayasan Azali Galang Donasi Sumur Air di Cianjur Selatan

  • Whatsapp
Spread the love

Cianjur, Sobatjuang.id – Kesulitan hidup akibat Pendemi Covid-19 yang belum usai sudah merupakan tambahan tersendiri bagi warga miskin yang tinggal di bebukitan desa Sukajaya, Kecamatan Tanggeung, Cianjur Selatan, Jawa Barat. Pasalnya, daerah subur pertanian ini sayangnya hingga kini belum ada sistem pengairan yang baik guna memenuhi kebutuhan hidup akan air bersih dan sehat sehari-hari.

Kesulitan air ini ternyata sudah berpuluh-puluh tahun ditasakan warga miskin di desa Sukajaya. Padahal tidak jauh dari tempat tinggal mereka ada sungai kecil di mana warga sehari-hari terpaksa memikul ember untuk pulang-pergi mengambil air.

Read More

Terketuk akan masalah kesulitan air, ini sebuah Yayasan yang bergerak dalam bidang Rumah Quran Rumah Quran Azali beralamat di Jalan Siman Enor No.48, RT.2/RW.6, Kebagusan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan saat ini sejak 3 tahun terakhir ini aktif menggalang dana pembuatan Sumur Air bagi warga miskin di Jawa Barat dan Lampung.

“Insya Allah, kami akan kembali membangun fasilitas Sumur Air bagi warga miskin di desa Sukajaya, Kecamatan Tanggeung, Cianjur Selatan. Pembangunannya akan dipusatkan di Musholla Iman Azali,” ujar Pimpinan Rumah Quran Azali, Ustadz Epan Wiranata, Lc di Cianjur, Sabtu (30/7/2021).

Menurut Ustadz Epan, Yayasan Azali dengan menggandeng Sahabat Qolbu di Jakarta untuk ketiga kalinya akan membangun pengadaan Sumur Air bagi warga miskin di desa Sukajaya. Sebelumnya fasilitas sumur air itu telah dibangun di desa Pangaritan dan Mesjid Darul A’la di desa yang sama.

“Alhamdulillah sumur wakaf ini merupakan bagian ikhtiar Yayasan Azali membantu warga miskin supaya mendapatkan air bersih yang layak, selain itu kami juga membangunkan MCK, tempat wudhu dan perbaikan saranan musolla,” ujar dia.

Desa Sukajaya, kata dia, merupakan salah satu wilayah yang belum tersentuh penyediaan air bersih PDAM. Setiap hari warga setempat memanfaatkan air sungai sekitar untuk keperluan sehari-hari, seperti mandi dan mencuci.

Terkait biaya pembuatan Sumur Air. Jebolan Mesir ini menambahkan pembuatannya Rp50 juta.

Turut mendampingi Ustadz Epan, Wakil Majelis Pimpinan Badan Buruh & Pekerja Pemuda Pancasila (B2P3), Zulfikri D. Jacub menambahkan apa yang dilakukan Yayasan Azali ini telah membantu warga miskin guna mendapatkan akses air bersih dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami salut dan bangga Yayasan Azali yang jauh-jauh dari Jakarta telah ikut membantu meringankan beban warga desa Sukajaya. Diharapkan dengan adanya fasilitas air ini diharapkan warga miskin di desa dan jamaah Musholla Iman Azali ini nantinya tidak akan mengalami masalah lagi dalam memenuhi kebutuhan air sehari-hari,” papar Zul.

Ditemui di tempat yang sama, Suhendar warga desa yang sehari-hari bisa 4 kali pulang pergi ke sungai untuk mengambil air dengan memikul ember mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Azali yang akan membangun Sumur Air di Musholla Iman Azali.

“Kami hanya bisa mengucapkan terimakasih dan mendoakan agar apa yang dilakukan Yayasan Azali mendapatkan balasan di sisi Allah Swt,” pungkasnya. (Zul)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *