Kearifan Lokal Dalam Tanggulangi Terorisme

  • Whatsapp
Spread the love

Jakarta, Sobatjuang.id – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Bidang Media Massa, Hukum dan Humas kembali mengadakan kegiatan Pelibatan Aparatur Kelurahan/Desa Tentang Literasi Informasi Dalam Rangka Pencegahan Terorisme ”Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia (Ngopi Coi)” Dengan Tema ”Saring Baru Posting” melalui FKPT Provinsi Sulawesi Utara, Kamis  (26/8/2021) secara hybrid (daring dan luring). Kegiatan tersebut dihadiri oleh beberapa narasumber yaitu, Maira Himadhani, S.T., M.Sc. selaku Plt. Kasi Partisipasi Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Yosep Adi Prasetyo Praktisi Media, dan Fernando Lumowa AJI Manado dan Editor Tribun Manado.

Dalam kegiatan tersebut Maira Himadhani menjelaskan tentang peran kearifan lokal dalam menanggulangi paham radikal terorisme. Menurut penelitian yang dilakukan oleh BNPT, peran kearifan lokal dalam menanggulangi paham radikal terorisme dinilai efektif karena berasal dari nilai-nilai atau budaya dimasyarakat sehingga mudah untuk diterima.

Maira Himadhani mengambil contoh kearifan lokal yang ada di Sulawesi Utara yaitu tagline ‘Torang Semua Bersaudara’. “ini sebuah tagline yang bagus untuk disebarluaskan kembali”, tandasnya.

Hal tersebut merupakan hal yang bagus dimana didalamnya terbesit nilai kerukunan dan keberagaman di Sulawesi Utara. Dilihat dari tagline tersebut Sulawesi Utara dapat disebut dengan Provinsi yang toleran.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *