Kepala Desa di Pandeglang Apresiasi Program Pelatihan Kewirausahaan BP2MI Banten

  • Whatsapp
Spread the love

SOBATJUANG.ID – Kepala Desa Teluk Lada, Pandeglang, H. Efendi Hidayat memberikan  apresiasi terhadap program  pelatihan wirausaha yang diadakan Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Wilayah Banten.

“Saya sangat berterima kasih kepada UPT BP2MI Banten karena telah mengadakan acara pemberdayaan di desa kami. Saya berharap agar ke depannya terus diadakan acara pemberdayaan seperti ini, karena di desa kami sangat banyak PMI Purna yang belum berwirausaha. Mudah-mudahan ibu-ibu juga dapat mengikuti acara dengan baik dan menjadi sukses. Amin,” harap Efendi ketika memberikan sambutan di Pandeglang, Rabu (17/11/2021).

Turut hadir Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pandeglang, Dadun Kohar, S.Pd, dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala UPT BP2MI Wilayah Banten, Joko Purwanto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda terakhir pemberdayaan bagi PMI Purna tahun 2021.

Kegiatan bertemakan “Mewujudkan PMI Purna Mandiri dan Sejahtera” ini dilaksanakan di Sobang, Desa Teluk Lada, Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (17/11/2021) ini diikuti  20 orang PMI Purna.  

Joko menjelaskan bahwa menjadi pengusaha usai bekerja sekian tahun di negeri orang tentu menjadi dambaan setiap Pekerja Migran Indonesia (PMI). Dengan berusaha maka para PMI sudah naik “kelas” dari pekerja menjadi majikan.

Keinginan itu  terlihat dari animo peserta yang mengikuti pelatihan wirausaha yang digelar Unit Pelaksana Teknis Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UPT BP2MI) Wilayah Banten.

“Kegiatan ini merupakan bukti hadirnya negara tidak hanya ketika Calon PMI yang akan berangkat, selama bekerja di luar negeri, dan setelah kembali dari luar negeri, BP2MI  juga hadir memberikan pelatihan pemberdayaan kepada PMI Purna agar kelak lahir wirausaha tangguh dari Pandeglang,” ujarnya.

Joko menjelaskan, ibu-ibu mantan PMI Purna yang mengikuti pelatihan kewirausahaan ini merupakan insan terpilih yang telah diseleksi ketat dan dinilai mampu mengikuti program pelatihan wirausaha ini. Karena itu, gunakan kesempatan yang sangat berharga ini dengan serius agar ilmunya nanti dapat dipraktekan langsung dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya harap setelah selesai kegiatan ini, ibu-ibu dapat terus belajar dan latihan lagi agar hasil produknya dapat diminati masyarakat, yang pada akhirnya menambah pendapatan ibu-ibu,” ujar Joko.

Digelar selama empat hari, pemberdayaan PMI Purna merupakan salah satu wujud 9 Program Prioritas BP2MI untuk  kesejahteraan ekonomi dan sosial bagi PMI dan keluarganya, baik di dalam ataupun luar negeri, sehingga PMI yang telah pulang dari luar negeri dapat sejahtera. (Zul)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *