Majelis Ad Dzakir Wisuda Jamaah Kajian Hadist Arbain Imam Nawawi

  • Whatsapp
Majelis Ad Dzakir Wisuda Jamaah Kajian Hadist Arbain Imam Nawawi
Spread the love

Sobatjuang.id, Jakarta – Hampir 1 tahun, tepatnya 11 bulan jamaah Majelis Ad Dzakir menuntaskan kajian mingguan 42 hadist Arbain karya Imam Nawawi  yang diajarkan oleh Ustadz Abdurrahman, Lc, MA.

Majelis Ad Dzakir pimpinan H. Ramayuli, MA ini berada di RT 15/03 Kelurahan Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur. Setiap minggu ada 2 kajian, pada Rabu kajian hadist dan Ahad malam kajian Tahsin Quran yang dipimpin oleh ustadz Andri Gunawan, Lc, M.Phil.

Read More

“Alhamdulillah, pada hari ini kita sudah menyelesaikan 42 hadist Arbain karya Imam Nawawi. Karena itu, mari kita baca sama-sama bukti kelulusannya. Ajaztukum min syaikhi wamin masyayikhihi muttasil ila Rasulillah SAW. Jamaahpun menjawab qabilna ijazah,” ujar Ustadz Abdurrahman

Ustadz Abdurrahman kemudian melafalkan arti doa wisudanya. “: Aku (baca: Ustaz) mengijazahkan kalian (jamaah) pendengaran/ pelajaran/ pemahaman kitab Arbain Nawawi dari guruku dan para gurunya guruku yang bersambung kepada Rasulullah SAW. Lalu dijawab jamaah, “Aku Terima Ijazah ini.”

Setelah mendapat ijazah ini, lanjut Ustadz, bapak dan ibu sudah saya anggap sah untuk kemudian mengajarkan kembali hadis ini kepada keluarga dan kerabat terdekat.

Sementara itu, Pembina Majelis Ad Dzakir, Ramayuli pada kesempatan itu mengucapkan syukur kepada ustaz Abdurahman yang telah  mengajarkan 42 kumpulan hadist ini sehingga jamaah bisa memahami hadist ini dan kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hari ini kita sudah mendapatkan ijazah hadist Arbain. Alhamdulillah, kita sudah mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat bagi kita di dunia dan akherat kelak. Karena dengan ilmu ini kita menjadi terang dan tanpa ilmu kita menjadi gelap gulita,” pungkas Ramayuli.  

Hadits Arbain karya monumental Imam Nawami ini merupkan kumpulan 42 hadits yang dikumpulkan oleh Imam Nawawi. Hadits-hadits tersebut berkaitan dengan pilar-pilar dalam agama Islam , baik ushul (pokok) maupun furu’ (cabang), serta berbagai hadits yang berkaitan dengan jihad, zuhud, nasihat, adab, niat-niat yang baik dan sebagainya. ***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *