Dorong Pariwisata Bangkit, FSP Parekraf KSPSI Percepat Munas I di Bali

  • Whatsapp
Spread the love

Sobatjuang.id, Jakarta – Federasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (FSP Parekraf), anggota dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Pertamanya. Setelah sebelumnya dideklarasikan di Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 30 Maret 2022, kurang dari tiga bulan kemudian Pengurus Pusat dan sekurangnya 13 Pengurus Daerah dari Aceh sampai Sulawesi Barat beserta Pengurus Cabang dan Pengurus Unit Kerja di dalamnya bergerak cepat menata organisasi dengan melaksanakan Munas di Bali pada tanggal 21-22 Juni 2022.

“Sikap proaktif masyarakat sangat diperlukan untuk mempercepat pemulihan negeri. Federasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (FSP Parekraf) KSPSI sebagai bagian dari society yang anggotanya terkena dampak langsung yang sangat besar akibat pandemi ini, sangat siap bersinergi dengan pemerintah dan pihak swasta,” tutur Moh Jumhur Hidayat, Ketua Umum FSP Parekraf KSPSI.

“Salah satu tujuan kami menyelenggarakan Musyawarah Nasional dengan tema Indonesia Sehat, Pariwisata Bangkit ini, selain merupakan amanat AD/ART FSP Parekraf KSPSI Pasal 28, juga sebagai ikhtiar dari seluruh pekerja di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di seluruh Indonesia untuk berkoordinasi menyusun program yang sekiranya dapat membantu Pemerintah demi tercapainya bangsa yang sehat yang diharapkan menjadi monumen kebangkitan pariwisata Indonesia,” tambah Jumhur.

Seperti diketahui, Pandemi COVID-19 telah menjadi tantangan bagi seluruh masyarakat dunia. Sudah 2 tahun lamanya, pandemi ini menyerang kita semua. Segala lini kehidupan terkena dampak akibat pandemi ini, mulai dari kesehatan hingga ekonomi. Diperlukan kerja sama dari berbagai sektor untuk bisa membawa Indonesia bertahan dan melewati masa kelam ini.

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, saat beraudiensi dengan FSP Parekraf KSPSI di Gedung Pesona pada 13 Mei 2022 lalu mengatakan, “Kami berharap dengan adanya kemitraan dengan Serikat Pekerja Parekraf ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi kita, membuka peluang usaha, dan membuka lapangan kerja yang luas.”

“Yang pertama, tugas Kementerian adalah memastikan agar supaya industri ini kondusif dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja parekraf. Kedua, Kementerian siap berkolaborasi untuk up-skilling, re-skilling, dan new-skilling pekerja di bidang parekraf,” pungkas Sandi.

Munas ini akan dilaksanakan mulai pukul 7.00 WITA di Inna Bali Heritage Hotel, Denpasar Utara dan dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Ida Fauziyah (Menteri Tenaga Kerja RI) atau yang mewakili, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Wakil Gubernur Bali sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia/ PHRI DPD Bali, mewakili Gubernur Bali yang harus menghadiri kegiatan lain di Jakarta.

Sebagai upaya physical distancing dan implementasi dari penerapan teknologi digital, Munas ini dilakukan secara hybrid (offline dan online) dengan disiarkan secara live melalui platform Zoom dan Youtube yang dapat diakses melalui pranala : https://bit.ly/parekraf_tv

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *