Inisiator Komite Persiapan Serikat Kerja PMI Dukung Kepemimpinan Jumhur Hidayat di Sektor Pariwisata

  • Whatsapp
Spread the love

Sobatjuang,id, Jakarta -Inisiator Komite Persiapan Serikat Pekerja Migran Seluruh Indonesia – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPMSI-KSPSI), Benhard Nababan mendukung program-program pelindungan pekerja wisata di bawah kepemimpinan Ketua baru  Federasi Serikat Pekerja Parisiwata dan Ekonomi Kreatif (FSP Parekraf) yang dijabat oleh Moh. Jumhur Hidayat.

Bagi Benhard, Pekerja Migran Indonesia (PMI) juga merupakan Duta Wisata di luar negeri yang harus mendapatkan pelindungan paripurna dari pemerintah.

“Di bawah Pak Jumhur yang juga mantan Kepala Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), kami yakin PMI akan mendapatkan perhatian yang besar,” ujar Benhard diminta komentarnya atas kepemimpinan Jumhur di sektor Pariwisata, Jakarta, Rabu (21/6/2022).

Benhard menegaskan, negara beruntung dengan pemasukan devisa yang didapat dari penempatan 6 juta PMI di seluruh dunia saat ini. Devis aini telah menyelamatkan Indonesia dari terpaan krisis ekonomi hingga kini.

BNP2TKI di era Jumhur, katanya, telah memberikan banyak penempatan dan pelindungan PMI selama 7 tahun. Karena itu, kami akan bersinergi dengan Pak Jumhur untuk mematangkan kerjasama Serikat PMI dengan

Sementara itu, Gunanta Yadnya, Ketua Panitia Musyawarah Nasional sekaligus Ketua Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Parisiwata dan Ekonomi Kreatif (FSP Parekraf) Bali menjelaskan bahwa Munas FSP Parekraf ini  jumlah yang hadir dalam acara pembukaan sebanyak 235 orang. Sementara untuk Pengurus Unit Kerja dihadiri masing masing-masing dari Bali 32 orang,  Lombok 11 orang dan Jakarta 32 orang. Sementara peserta yang lain dari seluruh Indonesia mengikuti dengan aplikasi zoom meeting.

Program kerja utama yang akan diperjuangkan dalam Munas FSP ini yaitu adanya perhatian serius dari pemerintah pusat khususnya perlindungan dan hak-hak dari para pekerja pariwisata.

“Kita ingin ada perhatian serius dari pusat kepada daerah untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif,” paparnya.

Munas ini akan dilaksanakan mulai pukul 7.00 WITA di Inna Bali Heritage Hotel, Denpasar Utara dengan tema Indonesia Sehat, Pariwisata Bangkit. 

Hadir dalam Munas Pertama FSP Parekraf-SPSI ini antara lain Sandiaga Salahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), Ida Fauziyah (Menteri Tenaga Kerja RI) atau yang mewakili, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Wakil Gubernur Bali sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia/PHRI DPD Bali, mewakili Gubernur Bali yang harus menghadiri kegiatan lain di Jakarta).  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *